Pages

Wednesday, October 15, 2014

Pengertian dan Klasipikasi Hewan Mamalia Menurut Ahli

Pengertian dan Klasifikasi Hewan Mamalia.Hewan Mamalia, Sobat sekalian pasti udah sering mendengar kan tentang hewan mamalia? Nah mungkin ada yang gak tau nih apa itu hewan mamalia? Kali ini kita akan membahas pengertian Hewan Mamalia. Saya mau nanya? Apakah Kambing, kucing, harimau termasuk hewan mamalia?

Secara umum, hewan mamalia adalah hewan yang menyusui memiliki kelenjar mame pada betina) dan memiliki tulang belakang. Tidak hanya itu, umumnya berdarah panas. Ciri lainnya adalah hewan ini melindungi embrio didalam kantung amnion yang terdapat air ketuban, hal ini sebagai perlindungan apabila terjadi goncangan. Air ketuban tersebut sebagai media untuk memperlancar proses melahirkan.

Kata Mamalia berasal dari bahasa Latin, yakni "Mammae" yang artinya menyusui. Jadi sudah jelas, setiap hewan yang menyusui sudah dipastikan tergolong dalam hewan mamalia.

Klasifikasi hewan mamalia

Untuk membedakan jenis mamalia memang cukup sulit. Untuk memudahkannya kita tinggal melihat hewan yang ada di lingkungan kita atau di kebun binatang kemudian mencocokkan dengan ciri-ciri yang ada. Dari data yang didapatkan, ada sekitar 5000 genus kelompok hewan mamalia. dari 5000 kelompok tersebut dibagi menjadi  ratusan ribu spesies berbeda. Jadi cukup sulit bukan untuk membedakannya?

Tapi para ahli sudah mengelompokkan hewan Mamalia kedalam ordo-ordo. Ada 10 ordo yang bisa kamu kenali, diantaranya:

1. Ordo Carnivora:Kucing, Harimau, Singa, Beruang, dll
2. Ordo Artiodactyla: Kerbau, babi, sapi, jerapah, kambing
3. Ordo Lagomorpha: Kelinci, dll
4. Ordo Proboscidea: Gajah dll
5. Ordo Rodentia: Marmut, Hamster, Tikus dll
6. Ordo Cetacea: Lumba-lumba, paus, dll
7. Ordo Primata: Orang utan, gorila, simpanse, dll
8. Ordo Sirenia: Sapi laut, dugong, dll
9. Ordo Perissodactyla: Tapir, kuda, badak, Zebra, dll
10.Ordo Monotremata: Echidna, platipus dll.

Pengertian Klasifikasi kelompok Ordo Hewan mamalia

1. Ordo Carnovora (pemakan daging)

Dari kesepuluh ordo diatas mungkin kita lebih familiar dengan ordo carnovora. Kelompok ini adalah pemakan daging. sebut saja, Harimau, singa, macan, kucing, Beruang dan segala hewan mamalia yang memakan daging. Ciri-cirinya biasanya memiliki jari minimal 4 dan semuanya berkuku tajam. Sementara terdapat gigi taring yang tajam. Semuanya berfungsi untuk menangkap mangsa dan mencabik daging buruannya.

2. Ordo Artiodactyla (berjari genap)

Ordo ini mudah ditemukan di lingkungan kita. Apalagi kalau bukan kambing, kerbau, sapi, dan lain lain. Cirinya adalah memiliki kaki yang panjang, hal ini sebagai adaptasi agar hewan mamalia ini mampu bergerak dengan cepat. Sebagian diantaranya memiliki tanduk.
Pada ordo ini dibagi menjadi dua, yakni hewan mamalia yang bermamah biak Ruminansia) dan memiliki empat bagian kompartemen pada lambung. Dan Hewan mamalia yang tidak bermamah biak (Non Ruminansia) dan tidak memiliki empat bagian kompartemen pada lambung.

3. Ordo Lagomorpha

Ordo ini memiliki ciri-ciri gigi rodentia tetapi gigi serinya 4 atau lebih, gigi molare yang dapat tumbuh terus, selain itu ekor pendeknya cukup kuat dan mampu digerakkan. Sebagai contoh adalah kelinci sumatera. Kelinci ini merupakan kelinci liar yang hanya ditemukan di Pulau Sumatera atau di iklim tropis di bukit barisan. Kelinci ini memiliki panjang sekitar 40cm, makanannya adalah pucuk dan biji bijian.

4. Ordo Proboscidea

Kelompok Mamalia yang keempat adalah Ordo Probosciea, hewan dikelompok ini memiliki ciri-ciri tubuh yang besar, memiliki proboscis dengan lubang hidung berjumlah dua.Teliga yang lebar serta kepala yang besar, leher yang pendek, kaki panjang dan lurus. Memiliki gigi seriatas dua buah yang tumbuh. Untuk beratnya secara umum berkisar antara 300 sampai 350 kg dengan umur mencapai 50 tahun. Sebagai contoh adalah Gajah Sumatera.

5. Ordo Rodentia (mamalia Pengerat)

Binatang mamalia yang masuk ordo ini salah satunya adalah pengerat atau tikus rumah. Ciri-cirinya ukuran tubuhnya kecil, memiliki kaki dengan lima jari, memiliki dua gigi seri dibagian atas yang cukup besar, hal ini memudahkan tikus untuk menggigit dan merusak.

6. Ordo Cetacea

Hewan mamalia yang masuk ordo ini adalah Paus biru, ciri-cirinya yakni tidak memiliki rambut, tidak memiliki daun telinga, tidak ada tungkai belakang, tidak ada kelenjar dikulit, sementara tungkai depan disebut flipper atau seperti dayung, hal ini untuk memudahkan Hewan Mamalia ini bergerak. memiliki jari lebih dari lima, memiliki ukuran gigi yang sama dan tidak berlapis email, bahkan ada juga yang tidak bergigi.

Paus biru melakukan pernafasan dengan menggunakan paru-paru, dengan cara sering memancarkan air dari lubang hidungnya pada saat paus ini kepermukaan.

7. Ordo Primata

Kelompok Ordo yang familiar lainnya adalah Ordo Primata, Umumnya pada ordo ini melahirkan hanya satu anak. Sebagai contoh, Orang utan, Simpanse, dan gorila. Ciri yang nampak adalah semua matanya menghadap kedepan atau Stereoskopik kedepan. Indonesia merupakan satu-satunya tempat orang utan didunia, yakni di Pulau Kalimantan.

8. Ordo Sirenia

Pada kelompok binatang mamalia ini hampir mirip dengan pada ordo cetacea, yakni tidak ada daun telinga, tidak ada tungkai belakang. Tungkai depan seperti dayung, kulit tebal sedikit rambut, dan hidup di laut atau di air tawar.
Salah satu contoh hewan mamalia ordo sirenia adalah sapi laut.

9. Ordo Perissodactyla (mamalia berjari Ganjil)

Dari namanya berjari ganjil, kelompok mamalia ini memang memiliki ciri-ciri jarinya berjumlah ganjil, Jari tersebut dibungkus oleh kuku dari zat tanduk, namun kelompok ini tidak bertanduk. Ciri lainnya tidak memiliki kantung empedu dan sitem lambungnya sederhana. Sebagai contohnya adalah badak SUmatera yang memiliki dua cula.

10. Ordo Monotremata (mamalia berparuh dan berkloaka)

Hewan Mamalia pada ordo monotremata adalah memiliki paruh dan berkloaka. Ciri lainnya adalah gigi hanya akan ada sebelum dewasa, Tubuhnya berambut, bertelur dan mengeram, tidak memiliki daun telingan. Pada hewan Mamalia jantannya memiliki taji.

Demikian penjelasan ringkas mengenai pengertian dan klasifikasi hewan mamalia menurut ahli, semoga dengan uraian diatas kita bisa mengetahui hewan apa saja yang termasuk hewan mamalia, kemudian masuk ke kelompok ordo apa saja. Smoga bermanfaat.

1 comments:

bigchinpo said...

manusia apa tergolong mamalia juga? - Kuya Hejo

Post a Comment

Copyright © 2014 Daftar Hewan Mamalia Indonesia. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.