Pages

Monday, October 20, 2014

Hewan Mamalia Anjing (Dog, Canis lupus-familiaris atau Canis canis)

Anjing, adalah hewan mamalia yang paling deket dengan manusia. Hampir disetiap wilayah selalu terdapat anjing. Namun tidak semua orang suka akan anjing, Anjing dikenal cukup pintar dan bersahabat, sehingga sebagian orang suka memeliharanya. Ada juga anjing yang dijadikan sebagai hewan penjaga, atau untuk pelacak, semuanya bisa dilakukan anjing asalkan mampu melatihnya dengan baik.

Asal Usul Anjing

Menurut Penelitian terbaru yang dilakukan oleh sekelompuk ilmuan di Universitas Chichago, AS. Anjing dan Serigala berasal dari Nenek Moyang yang sama sekitar 34.000 tahun yang lalu. Salah satu Ilmuan, John Vovembre mengatakan, Kedua nenek moyang hewan mamalia tersebut hampi sama, Kemuan terjadi perbedaan diantara keduanya karena perkembangan gen. Perkembangan Gen dipengaruhi oleh penyebaran hewan mamalia itu sendiri.

Hewan Mamalia Anjing (Dog, Canis lupus-familiaris atau Canis canis)

Sebagai contoh, Serigala penyebarannya mencakup beberapa daerah di Eropa, daratan China dan Siberia. Hal inilah membuat karakter Serigala berubah tergantung dimana dia tinggal. Misalnya untuk serigala yang tinggal di Eropa dan China yang memiliki tingkat penduduk yang besar membuat serigala mudah dengan cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Hal ini berbeda dengan serigala yang tinggal di dataran Siberia.

Serigala mulai jinak ketika manusia mulai mengenal bercocok tanam. Diamana pada saat itu manusia mulai menjinakkan serigala dan hidup berdampingan. Sementara kaitannya dengan hewan mamalia Anjing adalah para ilmuan melakukan uji DNA dari Serigala yang ada di tiga daerah tersebut dengan diambil contoh DNA-nya guna dicocokkan dengan contoh DNA dari beberapa jenis anjing moderen otentik yang diambil dari berbagai daerah asal yang berbeda.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa beberapa anjing yang berasal dari kawasan yang sama dengan satu dari ketiga serigala yang dites, menunjukkan kemiripan gen. Untuk beberapa anjing yang berasal dari kawasan yang sama, DNA mereka sangat berdekatan satu sama lain.

Tetapi justru berbeda hasilnya ketika uji DNA anjing dari kawasan berbeda Bahkan antar sesama anjing, namun berbeda daerah asal yang saling berjauhan, gen mereka pun memiliki tingkat perbedaan yang cukup besar. Jadi, anjing yang berasal dari kawasan Eropa akan memiliki formulasi gen yang berbeda dengan anjing dari kawasan Eropa dan Serbia.

sehingga dapat disimpulkan, Anjing modern yang hidup sekarang ini banyak berasal dari kawasan Cina dan Eropa. Dimana didaerah ini sudah banyak manusia yang mengenal lebih dulu peradaban.

Menurut Wikipedia, Pertama kali anjing dipelihara di Asia Timur, namun untuk daerah tepatnya masih belum dipastikan, kemungkinan di daerah Tiongkok. Teory yang menyatakan Anjing berasal dari Asia  kemungkinan benarnya cukup besar. Pasalnya, ada 14 ras anjing murni didunia dan sebagian besarnya berasal dari Asia seperti Jepang dan Cina. Ras Murni adalah Ajing yang memiliki perbedaan genetik paling minim dibanding hewan serupa seperti Serigala.

Berikut ini, 14 Ras Hewan Mamalia Anjing Dunia.
  • Afghan Hound(Afganistan)
  • Chow Chow (Cina)
  • Lhasa Apso (Tibet)
  • Pekingese (Cina)
  • Shar Pei (Cina)
  • Shih Tzu (Tibet)
  • Tibetan Terrier (Tibet)
  • Saluki (Mesir)
  • Basenji (Kongo)
  • Akita Inu (Jepang)
  • Shiba Inu (Jepang)
  • Samoyed (Siberia)
  • Siberian Husky (Siberia)
  • Alaskan Malamute (Alaska, Amerika Serikat)

Ciri-Ciri Fisik Anjing

Anjing memiliki ciri-ciri yang bervariasi, tergantung dari Ras anjing itu sendiri. Namun yang pasti ciri-ciri anjing masih diturunkan dari Serigala, seperti sebagai hewan pemangsa dengan gigi tajam serta rahang yang kuat. Dari segi tubuhnya, Hewan Mamalia Anjing memiliki otot kuat dengan tulang pergelangan kaki yang menyatu. Anjing memiliki kecepatan berlari yang cukup tinggi

Hewan Mamalia Anjing (Dog, Canis lupus-familiaris atau Canis canis)

Selain itu, anjing memiliki ketajaman dalam penciuman, menurut penelitian, Pada Anjing memiliki 220 juta sel penciuman yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, Anjing banyak dimanfaatkan sebagai anjing pelacak.

Demikian penjelasan singkat mengenai anjing, Anjing termasuk Hewan Mamalia karena menyusui dan melahirkan anak, Sementara untuk klasifikasinya, Anjing tergolong kedalam Kasifikasi Hewan mamalia Carnovora, yakni pemakan daging. Walaupun anjing juga mampu hidup sebagai vegetarian.

1 comments:

Anonymous said...

How to play Baccarat: Rules, Baccarat & Strategy in India
Learn the 인카지노 rules of the game using this helpful guide. Learn the worrione basics of Baccarat in India, 바카라 사이트 including the rules of the game.

Post a Comment

Copyright © 2014 Daftar Hewan Mamalia Indonesia. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.